Samsung Diramal Bakal “Hilang” dari Bisnis Smartphone 5 Tahun Lagi

samsung-galaxy-logo

Hi sobat, Samsung saat ini merupakan produsen Smartphone terbesar didunia. Akan Tetapi perusahaan ini tidak akan lama lagi “main” di dunia Smartphone, hal ini diprediksi oleh seorang analisis, Ben Bajarin. Ben mengatakan bahwa produsen ini akan menghadapi Innovator’s Dilemma alias Dilema inovator.

Maksud dari Dilema tersebut adalah, bahwa Samsung saat ini sedang menghadapi pasar dengan pesaing yang menyediakan Smartphone lebih murah dan memiliki fitur yang sama dengan dipunyai oleh produk dari sang inovator (samsung).

Berikut analisa bajarin dikutip (via PhoneArena),

“Ketika Anda membuat produk dengan sistem operasi yang sama sebagai pesaing Anda, maka produk Anda setara dengan produk pesaing yang memiliki harga murah.”

Jadi inti analisa dari Bajarin, bahwa para vendor Android sudah menawarkan produk yang setara dengan produk Samsung dengan harga yang lebih terjangkau.

Pihak Samsung menurut Bajarin sudah tahu tentang hal ini. Oleh karena itu pihak Samsung mencoba mengembangkan Tizen OS sebagai pembeda.

Bajarin juga menilai bahwa Apple mungkin akan lebih bertahan lama karena iOS masih eksklusif hanya dipakai oleh produk-produk Apple. Akan tetapi bila Apple melisensikan iOS, maka Apple akan mengalami dilema yang sama dengan Samsung.

Opini: Tentunya ini, sama halnya dengan Nokia (symbian dan java) dan Blackberry (blackberry os), kedua brand ini dulunya merupakan penguasa “terkuat” dunia Ponsel. Akan tetapi secara perlahan produk-produk mereka “runtuh”. Nokia sebagai penguasa berpuluh-puluh tahun akhirnya juga menyerah diakibatkan penjualan mereka yang terus menurun dan kemudian dibeli oleh Microsoft, namun mereka dirumorkan akan kembali tahun depan (2016) dengan membawa Smartphone Android (klik sini).

Beda Blacberry yang pernah berjaya “akibat” aplikasi BBM hingga dikenal dengan keamanannya, dan mereka dikenal sebagai produk “wajib dimiliki” dari tahun 2007 hingga 2010 (CMIIW).

Walaupun penjualan mereka yang terus menurun namun mereka belum senasib seperti Nokia yang telah “hilang”, dan saat ini mereka dirumorkan akan memproduksi Ponsel Android yaitu Blackberry Priv.

Namun jika Priv tidak sukses, bos Blackberry pernah berkata, “bila priv tidak mendapatkan respon besar, bisa jadi Priv adalah Smartphone terakhir Blackberry, kemudian Blackberry hanya fokus untuk pengembangan software keamanan”.

Dan semoga saja para pemuda-pemudi indonesia bisa membuat operasi sistem baru, siapa tahu bisa mengalahkan OS yang sekarang masih menjadi “raja”. Contoh symbian dan java yang dulu merupakan os “wah” sampai-sampai merajai penjualan ponsel, namun sekarang telah tenggelam “ke dasar laut”. itu saja opini warblo semoga bermanfaat 😀 . (rsh)

Iklan

One thought on “Samsung Diramal Bakal “Hilang” dari Bisnis Smartphone 5 Tahun Lagi

Silahkan Komentar dan Berikan Opini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s